JARINGAN KOMPUTER
Komunikasi secara langsung (point to point) seringkali tidak praktis
- Jarak antar peralatan terlalu jauh
- Sejumlah peralatan akan memerlukan jumlah koneksi yang besar
Solusi yang nyata adalah : Jaringan Komunikasi (Jaringan Komputer)
DIFINISI
Jaringan Komputer
Sekelompok komputer yang saling dihubungkan dengan menggunakan suatu protokol komunikasi sehingga antara satu komputer dengan komputeryang lain dapat berbagi data atau berbagi sumber daya (sharing resources).
TIPE JARINGAN
Jarak Geografis
- Local Area Networks (LAN)
- Metropolitan Area Networks (MAN)
- Wide Area Networks (WAN)
Tipe Informasi
- Jaringan data vs. jaringan telekomunikasi
Tipe Aplikasi
- Jaringan yang digunakan secara khusus: reservasi pesawat
terbang, jaringan perbankan, aplikasi SIGO dan SIMAS
- Jaringan yang digunakan secara umum : Internet
Komunikasi Data Nirkabel
Topologi Jaringan
Wide Area Networks
Area yang dilingkupi luas
Menggunakan saluran komunikasi publik
Kecepatan transfer datanya relatif rendah
Beberapa teknologi alternatif
- Circuit switching
- Packet switching
- Frame relay
- Asynchronous Transfer Mode (ATM)
Circuit Switching adalah Jenis Koneksi temporer yang dibentuk antara dua titik(two points). Ketika proses berlangsung, jalur temporer tadi akan tetap dipertahankan hingga koneksi selesai. Data dipecah-pecah menjadi paket-paket kecil dan kemudian dikirim melalui jalur tetap
Packet switching adalah metode komunikasi jaringan digital yang ditransmisikan kelompok semua data – terlepas dari konten, tipe struktur, atau – menjadi blok-blok berukuran yang sesuai, yang disebut paket . Fitur- fitur switching paketpengiriman variabel-bit-rate data stream (urutanpaket) melalui jaringan bersama.
Frame Relay adalah konsep di mana informasi akan dikirim menggunakan data frame dalam format digital. penggunaan layanan relay ini data dapat dikirim dengan cara yang cepat dan efisien melalui internet. ... Frame-relay juga umum digunakan dalam jaringan komputer LAN dan WAN.
Asynchronous Transfer Mode (ATM) adalah teknologi switching dan multiplexing, dimaksudkan untuk memindahkan berbagai jenis trafik (data, suara, video, audio) dengan cepat dan efisien. Circuit switching umumnya mensyaratkan bahwa paket di set ke posisi dalam frame berulang, misalnya sinkron dalam waktu, langkah, sesuai dengan aplikasi dan atau jam jaringan. Transmisi Asynchronous memungkinkan sel-sel yang akan diposisikan di
mana saja dalam data stream.
ATM saat ini memiliki kecepatan 155Mbps (OC- 3port), 622Mbps (OC-12 port), 1,2 Gbps dan 2,5
Gbps. Asynchronous Transfer Mode (ATM) merupakan protokol jaringan yang berbasis sel, yaitu paket-paket kecil yang berukuran tetap (48 byte data + 5 byte header) pada sirkuit virtual. Protokol lain yang berbasis paket, seperti IP dan Ethernet, menggunakan satuan data paket yang berukuran
Local Area Networks
Area yang dilingkupi terbatas
- Dalam gedung atau kampus kecil
Dimiliki oleh sebuah organisasi
Kecepatan transfer datanya besar (>= 10 MBps)
Biasanya menggunakan sistem broadcast
Beberapa teknologi alternatip :
- switched systems dan ATM
- Wifi
Arsitektur Komunikasi Komputer
Keterhubungan antar elemen-elemen yang dibutuhkan untuk
dapat melakukan komunikasi data dalam sistem komputer
Contohnya :
Komunikasi antara software aplikasi, komputer, kabel.
arsitektur sistem komputer yang berasas vendor (produsen)
adalah
SNA (System Network Architecture) oleh IBM
DNA (Dec NetworkvArchitecture) oleh DEC.
arsitektur yang tidak berdasarkan vendor seperti
OSI (Open System Architecture)
TCP/IP (Transport Communication Protocol / Internet Protocol).
Arsitektur Jaringan Komputer
Jaringan hybrid
Jaringan peer to peer
Jaringan clien - server
Protocol
Aturan / standar yang mengatur dan mengijinkan terjadinya komunikasi danantara 2 atau lebih komputer. perpindahan data
Dengan adanya protocol, komputer-komputer anggota jaringan dan komputer berbeda platform dapat saling berkomunikasi
Elemen Kunci Protocol
Sintak, meliputi segala sesuatu yang berkaitan dengan format data dan level – level sinyal
Contoh : sebuah protokol sederhana akan memiliki urutan pada delapan bit pertama adalah alamat pengirim, delapan bit kedua adalah alamat penerima informasinya sendiri dan bit stream sisanya merupakan
Semantics, meliputi informasi kontrol untuk koordinasi dan pengendalian kesalahan. mengacu pada maksud setiap section bit. Dengan kata lain adalah bagaimana bit-bit tersebut terpola untuk dapat diterjemahkan.
Timing, meliputi kesesuaian urutan dan kecepatan, mengacu pada 2 karakteristik yakni kapan data harus dikirim dan seberapa cepat data tersebut dikirim.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar